Review  

NVIDIA Umumkan Kartu Grafis GeForce RTX 40 Series

NVIDIA memublikasikan kartu grafis GeForce RTX 40 Series yang memakai arsitektur GPU angkatan ke- 3, Terdapat Lovelace. Bersama kartu grafis terkini ini, pula muncul bermacam fitur terkini, semacam DLSS 3 serta keahlian menunjukkan ray tracing ke tingkat selanjutnya.

Penampilan bersama fitur GeForce RTX angkatan lebih dahulu telah menemukan pancaran. Tercantum pula mendesak bermacam laptop gaming serta arsitek jadi lebih powerful, bukan pc desktop saja. Kemajuannya kali ini juga tidak takluk hebat.

GPU Terdapat Lovelace

Arsitektur GPU Terdapat Lovelace— yang didapat dari julukan matematikawan wanita Inggris— dibentuk dengan cara 4nm dari TSMC dengan cara spesial. GPU ini mempunyai transistor berjumlah 76 milyar( dibandingkan angkatan lebih dahulu yang‘ cuma’ 28 milyar).

GPU ini pula mempunyai Streaming Multiprocessor( SM) terkini yang mempunyai daya penampilan hingga 83 TFLOPS. Keahlian ini lebih dari 2 kali bekuk dari angkatan lebih dahulu. NVIDIA pula memberitahukan teknologi

Shader Execution Reordering( SER) yang dengan cara energik menata kemampuan shader secafa lebih berdaya guna.

Buat Ray Tracing, GPU Terdapat Lovelace memakai angkatan ke- 3 RT Core. Angkatan terkini Ray Tracing core ini sanggup mengantar penampilan pucuk hingga 2, 8 kali bekuk. Misalnya dengan GeForce RTX 4090 performanya dapat menggapai 191 TFLOPS.

Kemudian, buat keahlian artificial inteligence( AI), GPU ini memakai Tensor Core angkatan ke- 4. Keahlian Tensor Core terkini inilah yang memperkenalkan DLSS 3 serta teknologi Optical Flow Accelerator terkini.

Di sisi itu, NVIDIA pula menaruh teknologi 2 NVIDIA Encoder( NVENC) angkatan ke- 8 yang pula telah mensupport bentuk AV1. Teknologi ini hendak membagikan kemampuan tertentu pada para livestreamer, film pengedit, serta yang kerap melaksanakan film call.

Baca Juga :   Spesifikasi Samsung Galaxy S8 dengan Model Firmware SM-G950U

DLSS 3

Dari bagian fitur lunak, DLSS 3 jadi pancaran pada GeForce RTX 40 Series ini. Teknologi Deep Learning Luar biasa Sampling( DLSS) terkini dari NVIDIA ini memperkenalkan Optical Multi Frame Generation berplatform AI terkini.

DLSS 3 pula mencampurkan teknologi DLSS Luar biasa Resolution, DLSS Frame Generation, serta NVIDIA Reflex buat tingkatkan penampilan. Jika angkatan lebih dahulu‘ cuma’ sanggup tingkatkan penampilan sampai 2 kali bekuk, hingga kali ini performanya dapat bertambah hingga 4 kali bekuk.

GeForce RTX 4090 serta 4080

GeForce RTX 4090 serta RTX 4080 hendak jadi kartu grafis awal yang bawa seluruh teknologi serta fitur terkini di atas. NVIDIA mengatakan jika GeForce RTX 4090 mempunyai penampilan 2 kali GeForce RTX 3090Ti serta RTX 4080 2 kali keahlian RTX 3080Ti.

GeForce RTX 4090 mempunyai VRAM G6X 24GB serta mulai hendak ada pada bulan Oktober 2022. Sebaliknya GeForce RTX 4080, yang muncul dalam 2 versi 16GB serta 12GB, hendak mulai ada pada bulan November 2022.

Sumber : bulandirgantaraindonesia.id